Kamis, 10 Mei 2012

Australian Dance (Tarian di Australia)


1)         Tari Melbourne Shuffle 

Asalmula Shuffle dance berasal dari kata Melbourne shuffle yang itu sendiri adalah gaya tarian. Melbourne shuffle berasal dari akhir 1980-an di tanah Melbourne, Australia. Gerakan dasar dalam tari ini adalah tumit cepat dan kaki tindakan dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Beberapa varian menggabungkan gerakan-gerakan tangan.
Beberapa penari kadang menaburkan bedak atau cairan ke lantai bawah kaki mereka untuk membantu mereka meluncur dengan lebih mudah, termasuk beberapa berputar 360 derajat atau melompat ke dalam gerakan mereka. Lainnya menerapkan pita plastik halus atau lakban untuk sol sepatu mereka. Kini tarian suffle telah mendunia dan telah berkembang dengan banyak jenisnya.
Macam Gaya Shuffle Dance:
·         Basic step shuffle   adalah running man  dan T step . Running man, dua langkah jalan di tempat tapi nggak maju-maju.
·         T step adalah gerakan shuffle itu sendiri yang terbagi menjadi beberapa jenis.
·         Hard style yang kalau menari kakinya diangkat lebih tinggi seperti menghentakkan kaki dengan lincah.
·         Old style yang katanya asli gaya suffle di Melbourne, yang tidak buru-buru, banyak T step -nya dan lebih flooping.
·         Ada juga Malaysian style, yang gerakannya seperti running man , tetapi hanya satu langkah saja. Mereka menggunakan badan yang didorong ke depan dan mengayun.

2)          Tari New Vogue
        New Vogue adalah bentuk tari dari Australia berasal dari tahun 1930-an.   Sejak saat  itu   New Vogue  menjadi    bagian yang penting dalam adegan Australia   ballroom , dan memegang peranan penting dalam menari   sosial dan persaingan sebagai  Latin         atau  Standar Internasional.
Semua tarian New Vogue berdasarkan urutan langkah-langkah tarian yang terus-menerus diulang, biasanya sampai musik berakhir. Mereka urutan selalu baik 16 atau 32 bar panjang, dan membutuhkan musik yang pada gilirannya "sequencing" (terdiri dari ayat-ayat yang baik 16 atau 32 bar panjang).  Tarian Vogue saat ini didasarkan pada salah satu sub kategori, termasuk Rhythm Waltz Wina, Rhythm Foxtrot Lambat, Rhythm Maret dan Rhythm Tango.

3)                  Tari Bush
Bush adalah gaya tari dari Australia dimana musik disediakan oleh pita semak . Tarian berasal tarian rakyat dari Inggris, Irlandia dan Eropa Tengah. Awalnya muncul di pemukim Eropa 1770-1850 yang datang dengan tradisi lokal mereka, kemudian di popularitas kan di banyak daerah.
Tarian bisa dikelompokkan berdasarkan formasi dari para penari :
·                Big tarian lingkaran, pria dan wanita dalam sebuah lingkaran atau sepatu kuda (Stockyards misalnya)
·                Closed- tari pasangan, pria dan wanita di ballroom atau terus serupa diatur mengelilingi ruangan (contoh Brown Jug Polka )
·                membujur set, 3 sampai 8 pasangan dalam dua baris, wanita menghadapi band, laki-laki menghadapi wanita. Top pasangan di sebelah kiri band. Jika atas dan ke bawah aula, wanita di sebelah kiri beberapa band, band top terdekat (contoh Galopede )
·                tarian lingkaran Sisilia, Pasangan saling berhadapan pada sudut kanan garis-tarian-sekitar ruangan. Biasanya tarian progresif, sehingga setengah penari akan maju searah jarum jam dan berlawanan jarum jam setengah. Ganda Sisilia adalah 2 pasangan, menghadap 2 pasangan (Cottages misalnya)
·                tarian Trio, Baris tiga, seorang pria dan dua wanita atau dua wanita dan seorang pria menghadapi garis serupa. Set diatur di sekitar ruangan (contoh Bergegas Sersan Putih)
·                quadrilles, Empat pasangan diatur pada sisi persegi (contoh Kolonial Quadrille)

Gaya Tarianya dibedakan menjadi :
·                Tari Bush - dalam penekanan kurang umum pada pekerjaan kaki kompleks dan lebih tentang orang-orang berada di tempat yang tepat. Kode pakaian yang santai.
·                Tari Kolonial - perhatian lebih untuk pekerjaan kaki yang benar. Banyak tarian yang unik ke Australia. Berpakaian kode biasanya kostum periode.
 
Sumber: Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar: